" />--}}

EFEKTIVITAS MEDIA MATCHING BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SIFAT BENDA PADA ANAK AUTIS KELAS VI DI SLBIT BAITUL JANNAH

Rista Mutia Sari, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat benda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Matching Box untuk meningkatkan hasil belajar materi sifatbenda pada anak autis kelas VI di SLBIT Baitul Jannah. Jenis penelitian ini adalah penelitian SSR (single subject research) dengan desain  A-B-  A Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas VI Autis.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Metode dalam analisis data yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model media Matching Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Autis pada mata pelajaran IPA materi sifat benda. Pada fase pertama dengan rata-rata 60 dengan nilai tertinggi 60 lalu meningkat pada fase II yaitu dengan hasil rata rata 72,8 dengan nilai tertinggi 80,dana pada fase  III meningkat yaitu dengan hasil rata rata 86 dengan nilai tertinggi 90.

Keywords


Matching Box; Hasil Belajar; Sifat Benda; Anak Autis; IPA

Full Text:

Unduh PDF

References


Aprilina, F. N. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Bermedia Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Autis Di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 9(3).

Browder, D. M., & Spooner, F. (2011). Teaching students with moderate and severedisabilities. New York: Guilford Press..

Chiang, Hsu-Min (2018). Curricula for Teaching Students with Autism Spectrum Disorder. New York: Springer.

Dian (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Autis: Luxima Metro.

Hakim. (2017). Penggunaan Media Belajar Visual dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosi Pada Autis. Jurnal Kajian Pendidikan Sains 2(01), 46. https://doi.org/10.32699/spektra.v2i01.6

Huda, Mihtahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ikasari. (2013). Penerapan Model Make a Match Dengan Media Flashcard Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas V SD Islam AL Madina Semarang.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 317. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i3.3919

Jasmini. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Make a Match Berbantuan Media Papan Flanel Pada Siswa Kelas IV SDN Pudakpayung. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1111

Koswara, Deded (2015). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Autis: Luxima Metro.

Knight, V. F., Wood, L., McKissick, B. R., & Kuntz, E. (2016). Questioning, connecting, and communicating: A research-based conceptual framework for providing inclusive science education.Macau: Springer International Publishing

Purwanti (2019). Pengembangan Media Explosion Magic Box untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Guru, 5(2). 29-36. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1438

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujarweni, Wiratna (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka

Sulistyarini, Nita, 2016. Mengenai Pengaruh Model Make A Match Pada Pembelajaran IPA Terhadap Aktivitas danHasil Belajar Siswa Kelas IV SDNGugus III Jumapolo Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Yuwono,J (2012). Pedoman Pembelajaran Bagi siswa Autism. Jakarta: pustaka baru press.




DOI: https://doi.org/10.36269/sj.v1i2.676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rista Mutia Sari, Ossy Firstanti Wardany, Heni Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.