ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KSPPS BTM BiMU
Abstract
ABSTRACT
The syari'ah economy in Indonesia continues to develop until now, it is proven that there are many syari'ah institutions that support the economy, including Islamic financial institutions, one of which is the Baitul Tamwil Muhammadiyah Sharia Savings and Loan Cooperative or often abbreviated as KSPPS BTM. With the number of BTM KSPPS established in Indonesia, the competition will also be more difficult, so that various strategies are needed to develop and gain members. One strategy that needs to be considered is knowledge and service, because with knowledge and quality service members will be satisfied and will continue to make transactions. This type of research is a quantitative study, the population in this study are members of the KSPPS BMT BiMU Lampung. The sample used is random sampling. The X1 variable of this study is employee knowledge, the X2 variable is employee service and the Y variable is member satisfaction. The results of this research show that there is an increase in the value of the correlation coefficient (Correlations) to 0.284 (positive value and strong relationship category) with a significant value (2-tailed) of 0.049 <0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted, which means that the relationship between X1> <X2> <Y is significant (real). The hypothesis states that Ha is accepted, which means that the relationship between employee knowledge and employee service and member satisfaction is significant (real).
Keywords: Employee knowledge, employee Service, member satisfaction.
ABSTRAK
Ekonomi syari’ah di Indonesia terus berkembang hingga saat ini, terbukti banyak berdirinya lembaga syari’ah yang mendukung perekonomian, termasuk lembaga keuangan Islam salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah atau sering disingkat dengan KSPPS BTM. Banyaknya KSPPS BTM yang berdiri di Indonesia maka persaingannya juga akan semakin sulit, sehingga dibutuhkan berbagai strategi untuk bisa berkembang dan memperoleh anggota. Salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah mengenai pengetahuan dan pelayanan, karena dengan pengetahuan dan pelayanan yang berkualitas maka anggotaakan menjadi puas dan akan tetap melakukan transaksi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah anggota KSPPS BMT BiMU Lampung. Sampel yang digunakan adalah dengan random sampling. Variabel X1 penelitian ini adalah pengetahuan karyawan, variabel X2 adalah pelayanan karyawan dan variabel Y penelitian ini adalah kepuasan anggota. Hasil penelitian yang di peroleh bahwa terjadi kenaikan nilai koefisien korelasi (Correlations) menjadi 0,284 (bernilai positif dan kategori hubungan kuat) dengan nilai significance (2-tailed) sebesar 0,049 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa hubungan antara X1 >< X2 >< Y adalah signifikan (nyata). Hipotesis tersebut menyatakan bahwa Ha diterima yang berarti bahwa hubungan antara pengetahuan karyawan dengan pelayanan karyawan dengan kepuasan anggota adalah signifikan (nyata).
Kata kunci: Pengetahuan Karyawan, Pelayanan Karyawan, Kepuasan Anggota.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Sitio. 2001. Koperasi: Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.
David D. Vaus, Analyzing Social Science Data, 2002 : 50 Key Problems in Data Analysis, Thousand Oaks: Sage Publications
Juwandi, Handi Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta:
Prehalindo.
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Kontrol. Edisi Sebelas. Jakarta: Penerbit PT. Prehalindo.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta:
Erlangga.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran : Penekatan Praktis. (Edisi
Pertama). Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi.
(Edisi III). Jakarta : Salemba Empat.
Notoatmodjo S. 2005. Promosi Kesehatan teori dan aplikasinya,.Jakarta: Rineka Cipta.
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga).
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti,Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction (cetakan kedua).
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sebastian Rainsch, Dynamic Strategic Analysis, 2004 : Demystifying Simple Success Strategies Wiesbaden: Deutscher Universitasts-Verlag.
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business Studi Kasus UMK & LKM (Usaha
Mikro Kecil & Lembaga Keuangan Mikro). (Edisi Pertama). Jakarta :
Mitra Wacana Media.
Subroto, Budiarto dan Nasution, Dolly Suntajaya. 2001. Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan. Manajemen Usahawan Lembaga Manajemen FE
UI. Jakarta.
Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung : ALFABETA.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan Ketiga.
Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandi dan Greogorius Chandra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction.
Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. (Edisi III). Yogyakarta : Penerbit
Andi.
Tjiptono, Fandi dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality, and Satisfaction.
(Edisi III). Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran (Consumer Behaviour: Theory and Apllication in
Marketing)
Al Quran, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya, diakses dari https://tafsirq.com
Bramantio “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya terhadap Word of Mouth (WOM), pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Usaha Mandiri, Kota Bekasi, Jawa Barat”, http://repository.uinjkt.ac.id
BTM BiMU “Profil Perusahaan – KSPPS BTM BiMU”, http://btmbimu.id,
Iis Puji Lestari “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Anggota Baitul Mal Wa Tamwil Ki Ageng Pandanaran Semarang ”, http://eprints.walisongo.ac.id,
Niken Lestari “Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo”, http://eprints.uny.ac.id
Septi Purwaningsih “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Motivasi Anggota Dan Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota KPRI Neu Banyumas”, http://eprints.uny.ac.id
Wahyu Pramadipa Tofani “Analisis Kepuasan Anggota Koperasi Terhadap Pelaanan Koperasi Guru Dan Pegawai (KOGUPE) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 46 Jakarta”, https://repository.ipb.ac.id
DOI: https://doi.org/10.36269/muamalatuna.v3i2.306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
TOOLS:
Editor and Administration Address:
Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG
Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132