" />--}}

STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TOKO DIKROMOSHOP PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Siti Masyithah, Ulil Albab, Nina Ramadhani W.

Abstract


Ilmu Ekonomi Islam adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang
perekonomian yang berbasis nilai-nilai Islam. Pendapat lain mengatakan, Ekonomi
Islam adalah usaha manusia untuk mengelola sumber daya guna mencapai
kesejahteraan rakyat mengikuti aturan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Strategi
pemasaran adalah target dan tujuan yang dibuat oleh perusahaan secara rinci untuk
mencapai sasaran perusahaan. Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan
masalah yang akan dibahas oleh penulis yaitu yang pertama, bagaimana strategi
pemasaran dalam pengembangan usaha yang dilakukan Toko Dikromoshop. Kedua,
bagaimana strategi pemasaran dalam pengembangan usaha Toko Dikromoshop
ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan bertujuan
mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam usaha Toko Dikromoshop
menurut perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan
yang bersifat kualitatif yang dihasilkan dari data deskriptif dari beberapa langkahlangkah penelitian lapangan yang berupa data wawancara, baik secara lisan dan
tertulis terhadap seseorang dan objek yang diamati. Setelah penulis melakukan
analisis data hasil penelitian ditemukan dalam menjalankan kegiatan bisnis dari
sudut pandang strategi pemasaran perspektif Ekonomi Islam Toko Dikromoshop,
selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, juga
menerapkan strategi pemasaran Islam dan beberapa prinsip pemasaran Ekonomi
Islam antara lain: menerapkan pemasaran Islam, menerapkan etika bisnis Islam,
menerapkan kegiatan pemasaran sesuai dengan prinsip Nabi Muhammad SAW
sebagaimana yang pertama, siddiq (jujur, adil) kunci semua aturan dalam hidup
adalah kejujuran. Kedua, amanah (terpercaya) segala sesuatu atau tanggung jawab
yang diberikan kepada manusia untuk dilaksanakan. Ketiga, fathanah (kecerdasan)
bahwa dalam hidup di dunia ini kita harus menerapkan kebijaksanaan untuk selalu
terus berinovasi dan berproduksi baru untuk memberikan lebih banyak keuntungan.
Keempat, tabligh (komunikasi) bahwa membangun komunikasi yang baik
merupakan modal penting yang harus dimiliki dalam dunia bisnis.


Keywords


Ilmu Ekonomi, strategi pemasaran, perspektif Islam

References


Afrizal (2016) Metodelogi Penelitian jenis dan Desain Penelitian

Sarifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998),

h. 7

Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah:

Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, (Bandung:

Alfabeta) h. 340

Charis Zubair & Anton Bakker, Metodologi Penelitian Filsafat,

(Yogyakarta:Kanisius, 1990), h. 65

Dokumentasi Adalah:

Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

(sampoernauniversity.ac.id)

Dian Puji Astuti, Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Konsumen

Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam, skripsi ekonomi dan bisnis islam UIN Metro 2018.

Economic Noise: Definisi, Contoh, dan Strategi Meningkatkannya

(economicnoise.com)

Eliza Yolanda Maldina, Strategi Pemasaran Islami dalam meningkatkan

penjualan pada Butik Calista, jurusan ekonomi bisnis islam uin radin Fattah

Palembang, 2016.

Earned Media: Definisi, Contoh, dan Strategi Meningkatkannya

(inmarketing.id)

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-yang- anda-coba

Haris Imawan, Analisis Strategis Pemasaran Syari’ah Dalam Penjualan

Produk Bersaing di Toko Saudi Strore Batoh, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Banda aceh 2019.

https://qurano.com/id/4-an-nisa/ayat-29

Izzan. Ahmad,2006. Referensi Ekonomi Syariah: PT Remaja Rosdakarya,

Bandung

Internet Marketing: Pengertian, Tujuan, Jenis & Manfaatnya

(seputarilmu.com)

J Lexy Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya, 2014, hlm. 3

Jenis, Fungsi, dan Contoh Point of Purchase (majoo.id)

Pengertian Strategi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, Elemen, dan Contohnya

(detik.com)

M. Arifin, Psikologi Suatu Pengantar (Jakarta: Bumi aksara,2008) h.39

M. Manullang, Manajemen Strategi, (Yogyakarta: Perdana Publishing,

halm.17

Zainul Arifin, Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah, (Jakarta: Alvabet,

, h. 97.

Muhammad Irham Ilahi, Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi

Islam Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Chocolicious Indonesia,

Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Makasar 2019.

Martono, N. (2010) Metodelogi Penelitian kualitatif Analisis dan Analisis

data Sekunder, Raja Grafindo Persada

Pengertian PROMOSI: Tujuan, Jenis, dan Contoh Promosi

(maxmanroe.com)

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua

Belas Jilid 1 (Cirajas, Jakarta: Penerbit Erlangga,2006). h. 5-6.

Reduksi Data: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, dan Contohnya

(penerbitdeepublish.com)

Rukun jual beli dalam Islam dan Syaratnya - Best Seller Gramedia

Suryo Subroto, Manajemen Pendidikan Sekolah, (Jakarta: PN Rineka Cipta.

, h. 39

Surat Al-Baqarah Ayat 25 | Tafsirq.com

Syarifuddin Prawiranegara. 1976. Apa yang dimaksud Sistem Ekonomi

Islam, Publicita. Jakarta

Sondang P.Siagaan, Manajemen Strategi ( Jakarta:Bima aksara,2008) h. 15

Sofjan Assauri, Manajemen Pemasaran (Jakarta:Rajawali Pers 2011) h.165

Syarifuddin Prawiranegara. 1976. Apa yang dimaksud Sistem Ekonomi

Islam, Publicita. Jakarta

Sondang P.Siagaan, Manajemen Strategi ( Jakarta:Bima aksara,2008) h. 15

Tjiptono Fandi, strategi Pemasaran, (Jakarta : Andi 1995) h.3

Ulfa Hidayati, Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan

Usaha Dalam persepektif Ekonomi Islam, Fakultas FEBI, UIN Bandar lampung




DOI: https://doi.org/10.36269/muamalatuna.v5i2.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:

        

 

     


          


          Sbo     

 

              


TOOLS:

    

 

             

Editor and Administration Address:

Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132