" />--}}

PENINGKATAN LAYANAN M-BANKING MELALUI PENDEKATAN TELEMARKETING DI BSI KCP TELUK BETUNG DALAM KONTEKS EKONOMI SYARIAH

Is Susanto (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung), Moh. Mukri (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung), Faisal (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung), Ridwansyah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Abstract


Pendekatan telemarketing adalah metode pemasaran yang menggunakan panggilan telepon untuk mempromosikan produk atau layanan kepada calon pelanggan. Dalam pendekatan ini, telemarketer memiliki peran kunci dalam menghubungi pelanggan dan menyampaikan pesan-pesan pemasaran dengan menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif serta pengetahuan tentang produk atau layanan. Salah satu inisiatif yang diambil oleh BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung adalah memperkenalkan layanan M-banking kepada nasabahnya melalui pendekatan telemarketing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan layanan m-banking melalui pendekatan telemarketing, serta menelaahnya dari konteks ekonomi syariah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan populasi penelitian meliputi seluruh karyawan BSI KCP Bandar Lampung Teluk Betung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan telemarketing ini didasarkan pada teori manajemen strategi, dengan tahapan perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Kendala yang dihadapi mencakup nomor telepon yang tidak aktif dan nasabah yang tidak merespons. Meskipun demikian, pendekatan telemarketing terbukti cukup efektif, dengan 59,8% dari 1000 nasabah berhasil dihubungi dan melakukan aktivasi m-banking. Menurut perspektif ekonomi syariah, pendekatan ini didasarkan pada akad tabarru' dan mematuhi prinsip syariah, tanpa mengandung unsur riba, gharar, atau maysir.

Keywords


M-Banking; Pendekatan Telemarketing; Ekonomi Syariah.

References


Ahyani, Hisam, Memet Slamet, Rafiati Kania, Maya Ariyanti, and Erini Junita Sari. Pemasaran Industri. Jawa Barat: CV. Widina Media Utama, 2022.

Amorcha, Videa Dinda, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, Abizar Abizar, and Muhammad Rizkal Fajri. "Implementasi Akad Gadai Sawah Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Durian Kebupaten Pesawaran)." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 4834-4842.

Anam, Khoirul. “Pengguna Melesat, Transaksi BSI Mobile Diproyeksi Naik 23%.” CNBC Indonesia. Accessed May 5, 2024. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230216162859-17-414430/pengguna-melesat-transaksi-bsi-mobile-diproyeksi-naik-23.

Anastasia, Farah Dila, and Irving Vitra Paputungan. “Implementasi Bloc Pattern Pada Pengembangan Frontend Fitur Top Up Linkaja Aplikasi M-Banking Agen46 Dengan Teknologi Flutter (Studi Kasus : PT. Bank Negara Indonesia Tbk).” Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi 2, no. 1 (July 31, 2022): 1–11. https://doi.org/10.20885/snati.v2i1.14.

Aprianti, P.Y., Albab, U., Mawardi, M. and Irawan, F., 2023. PRAKTEK JUAL BELI ARANG DI BANDAR JAYA PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ekonomi Syari'ah, 6(02), pp.30-39.

Bakhri, Saiful, Aunur Rofiq, and Dikril Faizun. “Analisis Faktor – Faktor Penggunaan Aplikasi Mobile Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Terhadap Lembaga Keuangan Mikro Syariah.” Tasharruf : Journal of Islamic Economics and Business 3, no. 2 (November 11, 2022): 73–87. https://doi.org/10.55757/tasharruf.v3i2.208.

Burhan, Adinda Livia, and Fanni Husnul Hanifa. “Implementasi Telemarketing Pada Penawaran Produk Add On Indihome Di Pt Telkom Witel Sumbar Tahun 2021.” eProceedings of Applied Science 7, no. 4 (August 1, 2021): 612–18. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15259.

Fadilah, Nur. “Pengertian, Konsep, Dan Strategi Pemasaran Syari’ah.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1, no. 2 (June 17, 2020): 194–211. https://www.ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/168.

Febriansyah, Rezki, Ulil Albab, Abizar, and Sri Choiriyati. “Digital Marketing Strategy PT Dewangga Travindo (Hajj and Umrah Agent).” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5, no. 3 (2024): 1454–62. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.5105.

Fikriah, Fari Katul. “Feature Selection dengan Decision Tree untuk Prediksi Telemarketing Bank.” Jurnal Ilmu Komputer 15, no. 1 (April 29, 2022): 1–7. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/74903.

Firman, Firman, and Muhammad Nurjihadi. “Minat Penggunaan M-Banking Bank Konvensional Di Kabupaten Sumbawa: Implementasi Technology Acceptance Model.” BIOS : Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer 4, no. 1 (March 30, 2023): 25–33. https://doi.org/10.37148/bios.v4i1.62.

Fitria, Tira Nur. “Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1, no. 02 (2015): 75–87. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30.

Hanartani, Ranny, and Maswir. “Penerapan Strategi Promosi Melalui Sistem Telemarketing (Studi Kasus: Pameran Bandung INAFACT 2017).” Ekonomi & Bisnis 17, no. 2 (December 17, 2018): 98–103. https://doi.org/10.32722/eb.v17i2.1407.

Haque-Fawzi, Marissa Grace, Ahmad Syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, and Denok Sunarsi. Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Tanggerang Selatan: Pascal Books, 2022.

Hermawan, Sigit, and Amirullah. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.

Hibu, Alen, Pius Kellen, and Mahmud Ahmad. “Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Asing Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Di Kota Kupang.” Jurnal Bisnis & Manajemen 15, no. 1 (June 9, 2023): 266–72. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JBM/article/view/11474.

Ikhwan, and Ambo Sakka. Lembaga Keuangan dan Perbankan. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2023.

Kennedy, Posma Sariguna Johnson, and Alvani Amaerita Harefa. “The Financial Technology, Regulation And Banking Adaptation In Indonesia.” Fundamental Management Journal 3, no. 1 (June 18, 2018): 1–11. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jm/article/view/715.

Lubis, M. Syukran Yamin. “Akad Tabarru’ Dalam Asuransi Syariah Di Indonesia.” Legalitas: Jurnal Hukum 14, no. 2 (January 14, 2023): 277–84. https://doi.org/10.33087/legalitas.v14i2.359.

Mahendra, Een, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "Implementation of Murabahah Agreements on Financing Products at BMT Rukun Abadi." Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah 1, no. 4 (2023): 184-195.

Martinelli, Ida. “Menilik Financial Technology (Fintech) Dalam Bidang Perbankan Yang Dapat Merugikan Konsumen.” Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi) 2, no. 1 (July 20, 2021): 32–43. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.353.

Masyithah, Siti, Ulil Albab, and Nina Ramadhani W. “Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Toko Dikromoshop Perspektif Ekonomi Islam.” Mu’amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.36269/.v5i2.1415.

Mubarok, Nurul, and Eriza Yolanda Maldina. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-Economics: A Research Journal on Islamic Economics 3, no. 1 (October 12, 2017): 73–92. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics/article/view/1480.

Nuriah, A., Albab, U., Wulandari, N. R., & Patoni, L. I. (2024). TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PENERAPAN JUAL BELI IKAN SISTEM JIZĀF DI PASAR IKAN GUDANG LELANG. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 5(1), 19-27.

Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 1 (June 1, 2014): 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Nursiah, Muh Ferils, and Jamaludin Kamarudin. “Analisis Minat Menggunakan Mobile Banking.” Akuntabel: Jurnal Ekonomi dan Keuangan 19, no. 1 (March 6, 2022): 91–100. https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10711.

Panjaitan, Wanitia, and Haroni Doli Hamoraon. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Masyarakat Kecamatan Medan Selayang.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 6, no. 1 (January 15, 2023): 286–89. https://doi.org/10.32734/lwsa.v6i1.1718.

Purnomo, Rudi, and Dyah Ayu Sekarini. “Peran IT dalam Menumbuhkembangkan Kreativitas Masyarakat.” Seminar Nasional Psikologi UMS, 2018, 37–45. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11892.

Riyanto, Slamet, and Aglis Andhita Hatmawan. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Saputra, Elin Panca. “Prediksi Keberhasilan Telemarketing Bank Untuk Mencari Algoritma Dengan Performa Terbaik.” JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer) 2, no. 2 (February 15, 2017): 66–72. https://doi.org/10.33480/jitk.v2i2.385.

Siagian, Siti Bejana, and Khairina Tambunan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Untuk Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Perbaungan.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen 2, no. 1 (January 6, 2022): 1051–60. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3345.

Sitorus, Onny Fitriana, and Novelia Utami. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP Uhamka, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). 3rd. Bandung: Alfabeta, 2018.

Susanto, Is, Mad Heri, and Achmad Fachrudin. “Dampak Strategi Pemasaran Pariwisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Pantai Wisata Labuhan Jukung Krui Kabupaten Pesisir Barat).” Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking 3, no. 1 (May 29, 2019): 114–35. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5518.

Susanto, Is, Moh Mukri, Moh Bahrudin, and Hanif. “Efektivitas dan Risiko Penggunaan M-Banking pada Bank Syariah Indonesia Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan 3, no. 2 (October 25, 2022): 161–70. https://doi.org/10.51805/jmbk.v3i2.73.

Tjiptono, Fandy, and Anastasia Diana. Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2020.

Ulfa, Fatonah, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. “Public Understanding of The Wadi’ah Agreement and The Decision to Save at Indonesian Sharia Bank.” Widya Balina 8, no. 2 (December 30, 2023). https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/wb/article/view/440.

Zamzam, H. Fakhry, and Havis Aravik. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Yogyakarta: Deepublish, 2020.




DOI: https://doi.org/10.36269/muamalatuna.v7i1.2509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:

        

 

     


          


          Sbo     

 

              


TOOLS:

    

 

             

Editor and Administration Address:

Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132