" />--}}

PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI MARKETPLACE

Rio Jaya Permata (Universitas Muhammadiyah Lampung), Ulil Albab (Universitas Muhammadiyah Lampung), Mawardi (Universitas Muhammadiyah Lampung)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme transaksi dalam marketplace facebook dan untuk mengetahui transaksi marketplace facebook  dalam perspektif etika bisnis Islam. Khususnya penjual yang menggunakan marketplace facebook  sebagai media transaksi jual beli. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang didapatkan langsung dari penjual atau pembeli dan sumber data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Selajutnya, metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyanyian data dan baru kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mekanisme transaksi dalam marketplace facebook  meliputi penjual, pembeli, transaksi jual beli, dan pengiriman. Penjual sebagai pelaku usaha akan menawarkan dagangan secara publik yang dapat dilihat oleh calon pembeli yang mencari barang di marketplace facebook , kemudian penjual dan pembeli akan melakukan transaksi jual beli yang diakhiri dengan proses pengiriman barang. Transaksi yang dilakukan di marketplace facebook  secara umum telah sesuai dengan etika bisnis Islam yang meliputi, prinsip kesatuan, prinsip keadilan, prinsip pertanggungjawaban, prinsip kehendak bebas, prinsip kebenaran dan prinsip ihsan. Namun belum dilakukan secara sempurna. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan penjual sebagai pelaku usaha, agar kiranya lebih memperhatikan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya agar bisnis yang dilakukan tidak hanya mendatangkan manfaat berupa materi saja akan tetapi juga bernilai ibadah dan memperoleh keberkahan.

Keywords


Transaksi; Marketplace; Etika Bisnis.

References


Agustiara, Seli, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. “Creative Economic Development As An Attraction Of The Natar Hot Springs.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (2023): 3569–77. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3852.

Amorcha, Videa Dinda, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, Abizar Abizar, and Muhammad Rizkal Fajri. "Implementasi Akad Gadai Sawah Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Durian Kebupaten Pesawaran)." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 4834-4842.

Anindya, Desy Astrid. Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pada Wirausaha Di Desa Delitua Kecamatan Delitua, Jurnal: At-Tawassuth 2, No. 2, 2017.

Aprianti, Putri Yudini, Ulil Albab, Mawardi Mawardi, and Feri Irawan. "PRAKTEK JUAL BELI ARANG DI BANDAR JAYA PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM." Jurnal Ekonomi Syari'ah 6, no. 02 (2023): 30-39.

Darussalam, A. Etika Bisnis Dalam Pesepektif Hadis, Cet; I: Makassar: Alauddin University Press, 2011.

Fauzan Dan Ida Nuryana, Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet Di Kota Malang, Jurnal: Modernisasi 10, No. 1 2014.

Fauziah, Intan Surun. Perilaku Konsumen Dalam Marketplace (Studi Kasus Di Shopee Dan Tokopedia Perspektif Etika Bisnis Islam) Artikel Ilmiah, 2019.

Febriansyah, Rezki, Ulil Albab, Abizar Abizar, and Sri Choiriyati Choiriyati. "Digital Marketing Strategy PT Dewangga Travindo (Hajj and Umrah Agent)." El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5, no. 3 (2024): 1454-1462.

Ulfa, Fatonah, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "PUBLIC UNDERSTANDING OF THE WADI'AH AGREEMENT AND THE DECISION TO SAVE AT INDONESIAN SHARIA BANK." Widya Balina 8, no. 2 (2023).

Fitria, Tira Nur. Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 3, No. 1, 2017.

Hulaimi, Ahmad Sahri Dkk, Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi, Jurnal: Ekonomi Dan Bisnis Islam 2, No. 1, 2017.

Jumianti, Jumianti, and Ruslaini Ruslaini. "PENGARUH HARGA DAN KUALITAS MINYAK ZAITUN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DC HNI CABANG BANDAR LAMPUNG." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 6, no. 1 (2023).

Mahendra, Een, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "Implementation of Murabahah Agreements on Financing Products at BMT Rukun Abadi." Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah 1, no. 4 (2023): 184-195.

Ningtyas, Dyah Ayu, Ulil Albab, and Nina Ramadhani Wulandari. "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prkatik Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia Cabang Lampung Tengah." Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 8, no. 1 (2024): 18-32.

Norvadewi, Bisnis Dalam Perspektif Islam Telaah Konsep, Prinsip Dan Landasan Normatif, Jurnal: Al- Tijary 1, No. 1 2015.

Nuriah, Azka, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, and LM Ikbal Patoni. "TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PENERAPAN JUAL BELI IKAN SISTEM JIZĀF DI PASAR IKAN GUDANG LELANG." Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah 5, no. 1 (2024): 19-27.

Nurlinda, Raden Ayu Dan Putri Utami, Analisis Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Berbelanja Online Melalui Instagram, Jurnal Ekonomi 10, No. 2, 2019.

Nurlisa Pembeli Di Marketplace facebook , Wawancara , Kalianda, 24 Mei 2021.

Rafsanjani, Haqiqi. Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah, Jurnal Perbankan Syariah 1, No. 2, 2016.

Reka, Novia, Ulil Albab, and Sofyan Harahap. "Tinjauan Transaksi Produk di Bank Sampah Sejahtera Kemiling Perspektif Ekonomi Islam." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4.2 (2024): 1240-1249.

Refaldi, Nofan, and Ulil Albab. "PERAN EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN PENGRAJIN TALI TENUN PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM." Jurnal Ilmu Ekonomi 2, no. 2 (2023): 59-70.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D Cet. XII; Bandung: Alfabeta, 2011.

Syifaunisya, F., Albab, U., Mawardi, M., & Al Fajar, M. R. (2023). Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Melalui Peran Ekonomi Kreatif Di Desa Durian Perspektif Ekonomi Islam. Widya Balina, 8(2), 864-876.

Wahyu, Mega Putri, Mawardi Mawardi, and Nina Ramadhani. "ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MELALUI ONLINE SHOPPING PADA REMAJA DESA TANJUNG AGUNG LAMPUNG SELATAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 6, no. 1 (2023).

Wahyuni, Eka Sri. Trend Jual Beli Online Melalui Situs Resmi Menurut Tinjauan Etika Bisnis Islam, Baabu Al-Ilmi 4, No. 2, 2019.




DOI: https://doi.org/10.36269/muamalatuna.v7i1.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:

        

 

     


          


          Sbo     

 

              


TOOLS:

    

 

             

Editor and Administration Address:

Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah is published by LPPM MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF LAMPUNG

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, 35132