" />--}}

PENGEMBANGAN APLIKASI UJIAN SEKOLAH MANDIRI BERBASIS TEKNOLOGI DI SMK SATU NUSA 2 BANDAR LAMPUNG

Lukman Nuzul Hakim, Suyadi Suyadi

Abstract


: Artikel ini membahas tentang pengembangan aplikasi ujian sekolah mandiri berbasis teknologi di SMK Satu Nusa 2 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah proses pelaksanaan ujian sekolah mandiri serta meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengolahan hasil ujian. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode pengembangan sistem informasi menggunakan pendekatan waterfall. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah sebuah aplikasi ujian sekolah mandiri yang dapat digunakan oleh siswa dan guru di SMK Satu Nusa 2 Bandar Lampung. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur seperti pembuatan soal ujian, jadwal pelaksanaan ujian, pemberian nilai secara otomatis, serta laporan hasil ujian. Dalam tahap evaluasi, aplikasi tersebut telah diujicobakan kepada siswa dan guru di SMK Satu Nusa 2 Bandar Lampung. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi tersebut berhasil meningkatkan efisiensi dalam proses pelaksanaan ujian serta menghasilkan data nilai yang lebih akurat. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap dunia pendidikan khususnya di bidang manajemen evaluasi. Diharapkan aplikasi ini dapat menjadi solusi efektif dalam pelaksanaan ujian sekolah mandiri di SMK Satu Nusa 2 Bandar Lampung serta dapat diimplementasikan pada lembaga pendidikan lainnya.


Keywords


Aplikasi; Ujian Sekolah Mandiri; Teknologi; SMK Satu Nusa 2 Bandar Lampung

Full Text:

PDF

References


Dascalu, M.-D., Ruseti, S., Dascalu, M., McNamara, D. S., Carabas, M., Rebedea, T., & Trausan-Matu, S. (2021). Before and during COVID-19: A Cohesion Network Analysis of students’ online participation in moodle courses. Computers in Human Behavior, 121, 106780. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106780

Degil, I. M., Mikhaleva, L. V, & Régnier, J.-C. (2015). Evaluation of the Sociocultural Competence on the Basis of the Platform Moodle According to the Competency-based Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 200, 475–481. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.098

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PERENCANAAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PENDIDIKAN. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522.

Hakim, L. N. (2022). Pelatihan Membuat Website Digital Marketing Dengan Google Site Untuk Meningkatkan Kompetensi Keahlian Dikalangan Mahasiswa. Komunita, 1(2), 69–73. https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/komunita/article/view/23

Ukhov, P. A., Borshchenko, D. A., Kabanov, D. D., Bergen, M. E., & Ryapukhin, A. V. (2021). Customization of open-source solutions on the example of the LMS Moodle distance learning platform. Journal of Physics: Conference Series, 1889(2), 22002.




DOI: https://doi.org/10.36269/jdn.v2i1.2188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor and Administration Address:

Jurnal Dedikasi Untuk Negeri is published by Universitas Muhammadiyah Lampung

Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Bandar Lampung, Indonesia, Postal Code 35132

 

 JDN Index:

  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats