KOMUNIKASI PENDIDIKAN MELALUI VIDIO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MADRASAH

Muhammad Hanif Fuadi, Frista Fitriany Ramadhania

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi pendidikan melalui media video pembelajaran dalam meningkatkan literasi digital siswa di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Cilendek, Tasikmalaya. Kajian ini mencakup aspek desain komunikasi visual, integrasi nilai-nilai keislaman, serta dampak penggunaan video terhadap motivasi belajar. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, mengembangkan keterampilan literasi digital, serta memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif. Studi ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi media digital dan memberikan rekomendasi strategis untuk keberlanjutan program pembelajaran berbasis teknologi di sekolah Islam.
Kata Kunci: komunikasi pendidikan, video pembelajaran, literasi digital, desain komunikasi visual, nilai keislaman

References


Awang, Zainudin (2010) “The Importance of Corporate Image inthe Marketing of University Postgraduate Programs”, Asian Journal of University Education, Vol. 6, No. 1, pp. 13-28

Triyono, B., Mediawati, E., Khoir, Y.M., Bandung, D., Pendidikan, U.N., Kunci, K.A., & Transformasi, P.K. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Islam melalui Pendidikan Pesantren: Implementasi dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of International Multidisciplinary Research. 1(1), 147–158.

Biantoro, O. F. (2024). Efektivitas Media Video dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Jurnal Pendidikan Islam, 5, 3955–3965.

Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/QRJ0902027

Buckingham, D. (2007). Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet. Research in Comparative and International Education, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.2304/rcie.2007.2.1.43

Cholik, M., & Umaroh, S. T. (2023). Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 704–709. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4121

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.

Hafid, F., Nasrul, N., & Hartini, D. A. (2021). Sosialisasi Pesantren dan Santri Sehat. Poltekita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 42–48. https://doi.org/10.33860/pjpm.v2i2.404

Putri, Dina Kartika. Handayani, Myrnawati Crie. Akbar, Zarina. (2020) Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 649-657. DOI: 10.31004/obsesi.v412.418

Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design (2nd ed.). Routledge.

Kvale, S., & Brinkmann, S. (2015). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing (3rd ed.). Sage Publications.

Marliani, L. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802

Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Muhaimin. (2010). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Noddings, N. (2013). The Ethics of Care: Personal, Political, and Global. University of California Press.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., & Azmi, M. P. (2019). Video Pembelajaran Berbasis GeoGebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurhidayani, Sukmawati, Ramdhani, Rezki (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar, Jurnal Riset dan Evaluasi Nasional, Bol. 1 No. 3 pp 133-148

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research and Evaluation Methods (4th ed.). Sage Publications.

Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. Viking Press.

Nurhidayani, Sukmawati, Ramdhani, Rezki Pengaruh(2024) Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudirman III Makassar, Jurnal Riset dan Evaluasi Nasional, Bol. 1 No. 3 pp 133-148

Rumodar, G. K., Messakh, J. J., & Naibaho, L. (2024). Pendidikan Bahasa sebagai Upaya Membangun Generasi Unggul di Era Digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 80–87. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1077

Setyaningsih, R., Abdullah, A., & Prihantoro, E. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492




DOI: https://doi.org/10.36269/ire.v5i1.3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.